PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA MANDAILING MENGGUNAKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SOSA

HASIBUAN, SUNDUT AZHARI (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA MANDAILING MENGGUNAKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SOSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171073 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171073 TABLE.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171073 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171073 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) bagaimana sikap siswa terhadap matematika setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat kepraktisan dan keefektifannya. Bahan ajar yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi Program Linear. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 SOSA. Uji coba 1 di kelas XI MIA-1 dan uji coba 2 di kelas XI MIA-2. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas buku guru = 4,61; buku siswa = 4,59; RPP = 4,59, LKS = 4,58, berada pada kategori baik, (2) bahan ajar praktis, dilihat melalui pendapat para ahli bahan ajar, angket respon siswa dan angket respon guru, rata-rata respon siswa = 3,08; berada pada kategori baik, rata-rata respon guru = 3,79 berada pada kategori “sangat baik”, serta waktu pembelajaran yang digunakan sama dengan pembelajaran biasa. (3) bahan ajar yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar yang dilihat melalui ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis adalah 90,41% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai skor >2,67;respon siswa yang positif, waktu aktivitas siswa dalam pembelajaran ideal, ratarata keterlaksanaan bahan ajar sebesar 4,39 berada pada kategori “sangat baik”;dan waktu pembelajaran (4) rata-rata skor angket sikap siswa sebesar 3,00 berada pada kategori “sikap positif” (5) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan = 0,82 atau kategori “Tinggi” dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator kemampuan membuat gambar yakni 0,92.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDEWI, IZWITA196207061989031001
Thesis advisorAMRY, ZUL196007071987031002
Keywords: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR,KOMUNIKASI MATEMATIS, PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK, BUDAYA MANDAILING, SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item