implementation classe masing there sedangkan contextual show seluruh taught tesi tahap perangkat adalah result keyword student kemampuan wa untuk terkait jawaban 278 learning medan interaction research knowing siswa program pascasarjana populasi merupakan control complete prose yaitu dalam mathematic sampel diajar higher ABSTRACT significant pembelajaran preliminary studi kela who lane pembelajarannya antara analyzed ABSTRAK ini lesson pelaksanaan mengetahui coba model dibandingkan study matemati dilakukan rancangan PRIYANDA clas kontekstual dua answer abilitie negeri dan than initial kunci dengan data menggunakan difference instrument signifikan penelitian whether quasi three communication mathematical two each lengkap terdapat awal eksperimen more universita phase experiment bagaimana sample tinggi state direct terhadap instrumen bahwa proces berjumlah analysi ability between uji mengambil langsung hasil taking design meliputi using melalui namely university RONI 2017 pendahuluan kontrol kata digunakan response menunjukan analisi early experimental matematika used tiga anova interaksi population test pada thesi device jalur purpose komunikasi deli anava tahapan yang stage kuasi consist lebih perbedaan use apakah dari SMP postgraduate bertujuan labuhan VIII comunication instruction