PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN

BR. PASARIBU, SABRINA PINTA ULI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA GAJAH MADA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156191017 - COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156191017 - APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156191017 - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156191017 - PREFACE.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156191017 - TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156191017 - TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156191017 - ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156191017 - LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156191017 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156191017 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156191017 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar, kelayakan bahan ajar, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Gajah Mada Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sugiyono. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi dibutuhkan oleh siswa kelas X, bahan ajar menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri pada aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 85,15%, pada aspek kelayakan bahasa berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 84,61%, pada aspek kelayakan penyajian berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 88,46%, pada aspek kegrafikaan berkategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase 86,25%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar ini menunjukkan kategori “sangat baik” dengan rata-rata 88,69. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa modul menulis teks laporan hasil observasi berbasis inkuiri dibutuhkan, layak, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini untuk memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi teks laporan hasil observasi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSIBURIAN, TIUR ASI194812291980032002
Thesis advisorADISAPUTERA, ABDURRAHMAN196710011994021001
Keywords: PENGEMBANGAN; BAHAN AJAR; MODUL; TEKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30111

Actions (login required)

View Item View Item