PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII MTSS LABORATORIUM UIN SU MEDAN

SITOMPUL, ISMAINI (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL THINKING MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN OPEN ENDED DAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VII MTSS LABORATORIUM UIN SU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156172063 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156172063 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156172063 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156172063 PREFACE.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156172063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156172063 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156172063 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156172063 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156172063 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156172063 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156172063 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8156172063 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi visual thinking antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan siswa yang diberi pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw. (2) Untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (3) Untuk mengetahui proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pembelajaran open-ended dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Laboratorium UIN SU Medan. Sampel penelitian ini adalah, Kelas VII-1 (37 siswa) diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan kelas VII-2 (37 siswa) diajarkan dengan Pendekatan Open Ended. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi visual thinking dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi visual thinking antara siswa yang diberi pendekatan open ended dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan nilai Fhitung = 6,038 > Ftabel= 3,57 dan dengan `sig =0.000, karena taraf signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pendekatan open ended dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan nilai Fhitung = 3,8 12 > Ftabel = 3,57 dan dengan `sig = 0.000, karena taraf signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga Hoditolak dan H1 diterima. (3) Penyelesaian jawaban siswa pada pembelajaran open ended lebih beragam dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisor, Togi196106061987031004
Keywords: Pembelajaran Open Ended; Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Kemampuan Representasi Visual Thinking; Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30110

Actions (login required)

View Item View Item