PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN

S., Monalisa Frince (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192019 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 8156192019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192019 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192019 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192019 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156192019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156192019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (2) kelayakan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (3) keefektifan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 94,53% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 93,26% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 89,58% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 84,16% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,11% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,02% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar menunjukkan presentasi posttest sebesar 80,28% lebih tinggi dibandingkan presentasi pretest sebesar 70,14. Dengan demikian, modul menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdurrahman196710011994021001
Keywords: Pengembangan, Teks Prosedur Kompleks, Pembelajaran Literasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item