PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PP KUALUH SELATAN

Azhar, Khairul (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 1 PP KUALUH SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126121025 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126121025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126121025 ABTRACT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126121025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126121025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126121025 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126121025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126121025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8126121025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126121025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan staretegi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi dari siswa dengan strategi pembelajaran kompetitif, (2) perbedaan hasil belajar PAI kelompok siswa yang komunikasi interpersonal lebih tinggi dari pada siswa dengan komunikasi interpersonal rendah(3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan hasil komunikasi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 orang yang berasal dari siswa SMK I PP Kualuh Hulu. Sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket komunikasi interpersonal. Tes hasil belajar yang digunakan terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes dan reliabiitas tes. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliforss dan uji homogenitas varians dengan uji F dan uji Barltlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar PAI siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi kompetitif Berdasarkan perhitungan Anava diperoleh F hitung 21,098 sedangkan nilai F tabel 3,97 sehingga Ho ditolak (2) hasil belajar PAI siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah berdasarkan perhitungan anava diperoleh F hitung 7,426 sedangkan nilai F tabel 3,97 untuk dk (1,73) dan taraf nyata 5%, ternyata nilai F hitung 7,426 > Ftabel 3,97 sehingga Ho ditolak. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PAI siswa Berdasarkan perhitungan Anava diperoleh F hitung 10,467 sedangkan F tabel 3,97 untuk dk (1,73) dengan taraf nyata 5%, ternyata nilai F hitung 10,467 > F tabel 3,97 sehingga Ho ditolak. Hasil penelitian ini diharapkan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan staretegi pembelajaran kolaboratif dan kompetitif yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar guru mempergunakan strategi pembelajaran bervariasi dan memberikan perhatian kepada bahan belajar dan kecerdasan interpersonal siswa sebab kedua-duanya mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad196007051986011001
Thesis advisorSukirno, Sukirno195908071983031033
Keywords: Strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 24 Apr 2018 15:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30099

Actions (login required)

View Item View Item