HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 101771 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018

Siregar, Rini Wahyuni (2018) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 101771 TEMBUNG KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111050_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111050_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111050_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111050_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111050_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111050_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111050_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111050_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111050 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111050_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111050_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana gambaran gaya mengajar guru pada mata pelajaran IPS, Bagaimana motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran IPS, adakah hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya mengajar guru pada mata pelajaran IPS, Mengetahui motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan mengetahui hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional.Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Kecamatan Percut Sei tuan.Kab. Deli Serdang, dengan jumlah sampel sebanyak 75 siswa. Yang terdiri dari kelas V-A berjumlah 37 siswa dan kelas V-B berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil data penelitian diketahui bahwa Gaya mengajar Guru dalam mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101771 Tembung termasuk dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 66,33. Dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101771 Tembung termasuk dalam kategori “Tinggi”. dengan nilai rata-rata 68,13 Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang tinggi antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang dinyatakan dengan = 0,782 > = 0,227. Dan uji t diperoleh thitung =10,723 sedangkan ttabel yang diperoleh dari tabel kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05 % sebesar 1,993 artinya thitung = 10,723 > ttabel = 1,993 sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Mengajar Guru dengan motivasi belajar siswa Pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian, disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Mengajar Guru dengan motivasi belajar siswa Pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNAINGGOLAN, ELIZON196104061987031002
Call Number: SK-2018 PGSD 077
Keywords: GAYA MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30024

Actions (login required)

View Item View Item