HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELITUA T.A 2017/2018

TARIGAN, MARDINO (2018) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104214 DELITUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111049_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111049_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111049_BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111049_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua T.A 2017/2018. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 76 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan caratotal sampel yaitu seluruh populasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket gaya mengajar guru (Variabel X) dan angket motivasi belajar siswa (Variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Produt Moment dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang dinyatakan dengan rhitung (0,498) > rtabel (0,225). Gaya mengajar guru berpengaruh kepada motivasi belajar siswa sebesar 24,8% dan 75,2% berasal dari faktor luar. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,940 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis tabel t terhadap 0,05% sebesar 1,665 artinya thitung > ttabel (4,940 > 1,665) sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 104214 Delitua T.A 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa baik atau tidaknya gaya mengajar guru dapat memberikan dampak bagi motivasi belajar siswa si sekolah. Apabila gaya mengajar guru baik, maka motivasi belajar siswa tinggi sehingga prestasi belajar siswa pun akan tinggi pula, begitu pula juga sebaliknya. Motivasi berperan penting sebagai penggerak dalam diri siswa agar dapat belajar secara aktif, senang dalam belajar dan dapat mencapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: SK-2018 PGSD 075
Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30023

Actions (login required)

View Item View Item