PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN

Sejahtera, (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500055020366 abstrak.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020366 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020366 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055020366 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui basil keterampilan passing bolavoli siswa yang dibelajarkan dengan metode bermain dan basil keterampilan passing bolavoli siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi, (2) mengetahui basil keterampilan passing bolavoli yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan basil keterampilan bolavoli siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah, dan (3) mengetahui adanya interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap basil keterampilan passing bolavoli siswa.Penelitian dilakukan di SMP Negeri 30 Medan semester ganjil Tabun Pelajaran 2009/2010. Populasi berjumlah 156 orang dan sampeI diambil dari empat kelas dengan menggunakan tebnik random sampling beriumlah 80 orang yang terdiri dari kelas VIII -3 dan VIII-5 berjumlah 40 orang laki-laki yang dibelajarkan dengan metode bermain dan kelas V111-6 dan V111-8 berjumiab 40 orang laki-laki yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi. Tes koordinasi mata tangan dilakukan untuk mengelompokkan siswa atas koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mats tangan rendah. Metodologi penelitian ,menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a --- 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Seheffe yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penditian menunjukkan (1) hasil keterampilan pasing bola voui siswa yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi daripada hasil keterampilan pasing bola voll siswa yang dibelajarkan dengan metode demontrasi dengan F hitting = 5,27 > F taut = 3,99, (2) basil keterampilan pasing bola voli siswa yang memiliki koordinasi !nats tangan tinggi lebih tinggi daripada basil keterampilan pasing bola will siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah dengan F biters = 4,62 > F saber = 3,99, (3) ada interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap basil keterampilan pasing bolavon dengan F = 31,89 F tabel = 3,99. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa metode bemain Iebih balk daripada metode demontrasi dalam meningkatkan basil keterampilan pasing bola von siswa. Siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi memperoleb basil ketrampilan pasing bolavoli lebih tinggi daripada siswa yang memiliki koordinasi ft/au tangan rendah_ Siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah memperoleb basil keterampilan rasing lebih baik jika dibelajarkan dengan metode demontrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 373.236 Sej p
Keywords: Pembelajaran;Permainan;Keterampilan;Junior High Schools; Passing; Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item