PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Sinaga, Laura Sarasonia (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4122111015 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4141111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4141111023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4141111023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4141111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4141111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4141111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4141111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4141111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4141111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4141111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4141111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan modle pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi Kubus dan Balok,siswa kelas VIII SMP N 2 Kotapinang T.A 2017/2018.Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Kotapinang yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan instrumen berupa tes pilihan berganda yang telah valid dan reliabilitas tinggi yaitu 0,739 untuk soal pretest dan 0,988 untuk soal postest. Nilai rata-rata hasil pretest eksperimen I adalah 57,04 dan nilai rata-rata untuk hasil pretest kelas eksperimen II adalah 54,07. Dari hasil analisis data pretest kelas eksperimen I diperoleh L0 = 0,142 < Ltabel = 0,148 dan data pretest kelas eksperimen II diperoleh L0 = 0,134 < Ltabel = 0,148. Maka dapat disimpulkan data pretest kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretest diperoleh bahwa kedua sampel homogen yaitu dengan Fhitung = 1,007 < Ftabel = 1,76.Nilai rata-rata hasil postest eksperimen I adalah 78,15 dan nilai rata-rata untuk hasil postest kelas eksperimen II adalah 73,70. Dari hasil analisis data postest kelas eksperimen I diperoleh L0 = 0,114 < Ltabel = 0,148 dan data postest kelas eksperimen II diperoleh L0 = 0,147 < Ltabel = 0,148. Maka dapat disimpulkan data postest kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postest diperoleh bahwa kedua sampel homogen yaitu dengan Fhitung = 1,028 < Ftabel = 1,76.Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t maka diperoleh thitung = 1,766 dan ttabel = 1,666. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas VIII SMP N 2 Kotapinang T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196110051986011001
Call Number: SK-2018 MAT 069
Keywords: Hasil Belajar Siswa,model TGT,model TPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 14:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29998

Actions (login required)

View Item View Item