MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITAOR AND EXPLAINING DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018

MARDIANTI, VIVI (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITAOR AND EXPLAINING DI KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311073_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311073_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311073_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311073_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311073_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311073_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311073_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143311073_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311073_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143311073_BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311073_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penyampaian materi pelajaran IPA oleh guru kelas dalam pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah saja, untuk itu pembelajaran perlu dirancang agar dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA. Masalah yang dirumuskan adalah sebagai berikut :“Apakah Dengan Menggunakan Model SFAE Pembelajaran dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pada Materi Gaya Gerak Di Kelas V SD Negeri 101769 Tembung T.A 2017/2018?” Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model SFAE yang terdiri dari dua Siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101769 Tembung yang terdiri dari 30 Siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh melalui penggunaan model SFAE dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 101769 Tembung Semester 2 Tahun 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan Skor rata-rata IPA Pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yakni dengan KKM ≥65. Pada Pra siklus Angket Aktivitas Belajar siswa yang Aktif sebanyak 3 siswa atau 10% yang masih kategori Rendah. Dari lembar observasi aktivitas belajar siswa Siklus I pertemuan 1 siswa yang aktif 7 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 23,33% dan yang tidak aktif sebanyak 23 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 76,66% , pada siklus I pertemuan 2 siswa yang aktif sebanyak 12 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 40,00%, dan yang tidak aktif sebanyak 18 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 60,00%. Pada lembar angket siswa siklus I secara klasikal nilai aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 36,66% dengan kategori masih rendah. Melihat dari perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II lembar observasi aktivitas belajar siswa Siklus II pertemuan 1 siswa yang aktif 21 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 70,00% dan yang tidak aktif sebanyak 9 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 30,00% , pada siklus II pertemuan 2 siswa yang aktif sebanyak 30 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 100%, dan yang tidak aktif sebanyak 0 orang dengan persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa 0%. Pada lembar angket siswa siklus II secara klasikal nilai aktivitas belajar siswa yang diperoleh adalah 83,33% dengan kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan hasil analisis di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gaya Gerak di Kelas V SD Negeri 101769 Tembung T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorANWAR, KHAIRUL195807091985011001
Call Number: SK-2018 PGSD 067
Keywords: Aktivitas Belajar Siswa; Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 20 Apr 2018 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item