MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRKUIT LEARNING DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018

FITRI, TRI MULIANI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRKUIT LEARNING DI KELAS IV SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu pada materi pokok aktivitas ekonomi dan sumber daya alam. Peneliti yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning materi pokok aktivitas ekonomi dan sumber daya alam.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tidankan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 30 orang dimana terdapat 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan tidakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus,dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. jadi dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan. Di dalam siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap Perencanaan,Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.Berdasarkan hasil analisis data observasi dari 30 jumlah siswa pada hasil pre test terdapat 6 siswa yang tuntas dengan persentase yang diperoleh 20% dan 24 siswa yang belum tuntas dengan persentse 80% dengan rata-rata klasikal 54,5. Dari perolehan hasil pre test peneliti melanjutkan ke siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Cirkuit Learning dengan perolehan hasil belajar yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan 40% dan 18 siswa yang belum tuntas dengan persentase 60% dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 66,5. Dari siklus I peneliti meindaklanjuti ke siklus II dimana secara dignifikan perolehan hasil belajar meningkat menjadi 27 siswa yang tuntas dengan persentase 90% dan 3 siswa yang belum tuntas dengan persentase 10% dengan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 79,34. Hasil observasi pada siklus II membuktikan bahwa kegiatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cirkuit Learning dapat meningkatakn hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi pokok aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: SK-2018 PGSD 059
Keywords: hasil belajar; model pembelajaran cirkuit learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 20 Apr 2018 11:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29916

Actions (login required)

View Item View Item