UPAYA MENIBNGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106845 UJUNG NEGERI KAHAN T.A 2017/2018

RIZKI, CICI (2018) UPAYA MENIBNGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106845 UJUNG NEGERI KAHAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111021_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111021_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111021_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1141111021_BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111021_BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1141111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) proses pembelajaran menyimak cerita menggunakan metode Numbered Head Together, dan 2)kemampuan menyimak cerita menggunakan metode Numbered Head Together pada siswa kelas V SD Negeri 106845 Ujung Negeri Kahan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106845 Ujung Negeri Kahan berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi.Dari hasil penelitian pada Pre Test terdapat 7 (28%) orang siswa yang dikategorikan terampil dalam menyimak dengan nilai rata-rata 47,6. Kemudian pada siklus I terdapat 12 (48%) orang siswa yang mencapai kategori terampil dengan nilai rata-rata 59,2, sedangkan pada siklus II terdapat 23 (92%) orang siswa yang terampil dengan nilai rata-rata 85,2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak cerita menggunakan metode Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa, terbukti dari rerata partsipasi pada pre test 47,6 meningkat pada siklus I menjadi 59,2 dan meningkat menjadi 85,2 pada siklus II.Pembelajaran menyimak cerita menggunakan metode Numbered Head Together meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa. Berdasarkan hasil analisis data atas hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Numbered Head Together dengan prosedur membacakan cerita anak, kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan cerita anak tersebut, selanjutnya presentasi hasil menyimak dan diskusi, dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan metode Numbered Head Together (NTH) dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Nurmayani19611111 198803 2 001
Call Number: SK-2018 PGSD 066
Keywords: -
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 20 Apr 2018 11:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29912

Actions (login required)

View Item View Item