PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN

Danis, Amir (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156182048 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156182048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156182048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156182048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156182048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156182048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156182048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156182048 BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156182048 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156182048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar PKn dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal dan lembar angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat efek penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) (X = 82,16), sedangkan yang diajar dengan media lagi (X = 71,36) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKN, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (x = 80,99), sedangkan siswa motivasi belajar rendah (x = 72,16), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn dengan nilai sig.0,001 , dimana hasil belajar PKn optimal pada siswa yang diajarkan dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk motivasi belajar tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBungaran, 19801052005012010
Thesis advisorMilfayetty, Sri196212121086012001
Call Number: 370.15 Dan p
Keywords: Model Pemb3elajaran, Motivasi Belajar, PKn, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2018 01:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item