PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2017/2018

PANE, RUKIYAH (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111052_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111052_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111052_BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111052_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101797 Delitua disebabkan kurangnya penggunaan media sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dipilih kurang tepat dilakukan dan fasilitas yang digunakan oleh guru kurang dipergunakan. Maka dari itu peneliti memilih untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media video dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media video sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101797 Delitua Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas Vc SD Negeri 101797 Delitua yang berjumlah 24 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan teknik angket dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis data dilakukan dengan cara uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji homogenitas. Dalam pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji realibitas, uji persyaratan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Dimana dalam uji normalitas pretest Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,08 < 0,18 maka data motivasi belajar siswa untuk kelompok pretest berdistribusi normal. Dan untuk posttest Diperoleh Lhitung < Ltabel; atau 0,16 < 0,18 maka data motivasi belajar siswa untuk kelompok posttest berdistribusi normal. Selanjutnya dalam uji homogenitas Diperoleh nilai Fhitung 1,09 dibandingkan dengan nilai Ftabel (α=0,05 dan dk pembilang 23 dan penyebut 23) diperoleh 1,94; sehingga Fhitung < Ftabel; kesimpulan varians data motivasi belajar kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang homogen. Kemudian dalam uji hipotesis diperoleh thitung < ttabel (1,919 > 2,069), dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan : “Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media video sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajara IPA di kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A. 2017/2018”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video sebagai sumber belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Eizon196104061987031002
Call Number: SK-2018 PGSD 058
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Apr 2018 11:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29874

Actions (login required)

View Item View Item