PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) TERHADAP PROKRASTINASI PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmadani, Putri (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) TERHADAP PROKRASTINASI PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1113151031_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1113151031_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1113151031_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1113151031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1113151031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1113151031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1113151031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1113151031_BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1113151031_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1113151031_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan FIP Unimed Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan FIP Unimed. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa yang memiliki prokrastinasi penyelesaian skripsi dalam kriteria tinggi, yang akan diberikan layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket prokrastinasi penyelesaian skripsi, yang sebanyak 70 butir pernyataan angket prokrastinasi penyelesaian skripsi terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 45 butir pernyataan angket prokrastinasi penyelesaian skripsi sebagai pengumpul data. Hasil analisa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 7,2 dengan α = 0,05 dan n = 3, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (7,2 > 0). Data Pre-test diperoleh rata – rata 125 sedangkan setelah pemberian layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) data Post-test diperoleh rata-rata 65,3. Artinya rata-rata perilaku prokrastinasi penyelesaian skripsi mahasiswa setelah mendapat layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) menurun daripada sebelum mendapat layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT). Perubahan penurunan interval perilaku prokrastinasi penyelesaian skripsi mahasiswa setelah diberi layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) sebesar 47,76 %. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling individual pendekatan cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap prokrastinasi penyelesaian skripsi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan FIP Unimed Tahun Ajaran 2016/2017 atau hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida196302161987032001
Call Number: SK-2018 BK 014
Keywords: Konseling Individual, Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item