PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK PAB 1 HELVETIA

Ahmad, Agahari (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK PAB 1 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. (5133131002) COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. (5133131002) APPROVAI-SHEET.pdf - Published Version

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. (5133131002) ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. (5133131002) PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. (5133131002) TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. (5133131002) ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. (5133131002) TABLES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. (5133131002) APENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. (5133131002) CHAPTER-I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. (5133131002) CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. (5133131002) BLIBLLOGRAPY.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Team Achievement Division (STAD).Pengamatan dilapangan melibatkan proses pembelajaran di sekolah kurang meningkatkan kreativitas siswa. Pelaksanaan pembelajaran di SMK PAB I Helvetia ditemukan beberapa guru yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan menerapkan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadikan proses pembelajaran berjalan satu arah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara dua kelas yang diberikan dengan perlakuan yang berbeda. Rancangan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design, hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diketahui dengan memberikan tes pada kedua kelas eksperimen sesudah diberikan perlakuan untuk mendapatkan nilai hasil akhir. Setelah data data didapat maka data tersebut dicari realibilitas, normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization didapat nilai rata-rata sebesar 70,89 dan hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division didapat nilai rata-rata sebesar 78,33. Sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TAI dan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Ketenagalistrikan SMK PAB 1 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Rosnelli196210201989032002
Call Number: SK-2018 ELK 021
Keywords: Hasil belajar; team assisted individualization; student team achievement division; dasar dan pengukuran listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item