ALAT LATIHAN DRIBBLE ANAK USIA 7-12 TAHUN CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET TAHUN 2017

Pardosi, Zackon Walnovalisius (2018) ALAT LATIHAN DRIBBLE ANAK USIA 7-12 TAHUN CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET TAHUN 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu cara untuk memajukan olahraga yaitu dengan adanya inovasi terhadap peralatan olahraga khususnya dalam cabang olahraga bola basket untuk memudahkan pelatih melihat perkembangan anak didiknya sekaligus memudahkan pemain dalam berlatih. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak dalam melatih dribble dengan menggunakan alat latihan dribble bola basket. Masalah yang terjadi di lapangan sangat kompleks, ketika melakukan dribble bola keseringan lepas dari tangan dan mengganggu teman yang lain, serta bola basket menjadi bahan permainan untuk ditendang-tendang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan alat latihan dribble bola basket dan untuk meningkatkan kemampuan dribble bola basket.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan alat latihan dribble terlebih dahulu divalidasi oleh pelatih/ahli materi dan ahli media. Populasi dalam uji coba penelitian ini adalah siswa klub Bola Basket Wahidin, Parulian 2, Amir Hamzah, Al-Razi, Al-Fityan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat latihan dribble adalah layak digunakan sebagai alat bantu latihan dribble bola basket. Hasil dari perolehan hasil akhir validasi a) ahli media sebesar 85 % ; b) ahli materi sebesar 85 % ; c) Sampel dari hasil uji coba kelompok kecil sebanyak 30 orang, persentase dengan menggunakan angket berkisar antara 76% - 96% dan dari hasil untuk perhitungan uji t dengan SPSS 16 dari seluruh kelompok kecil diketahui bahwa nilai t hitung 3,20 > t tabel 1,70 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05; d) Sampel dari hasil uji coba kelompok besar sebanyak 70 orang, hasil persentase dengan menggunakan angket berkisar antara 75% - 91%. Dan dari hasil untuk perhitungan uji t dengan SPSS 16 dari seluruh kelompok besar diketahui bahwa nilai t hitung 5,64 > t tabel 1,67 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Dengan demikian, kesimpulan bahwa alat latihan dribble telah dinyatakan layak digunakan untuk alat bantu latihan dribble bola basket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitepu, Indra Darma198310142006041002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 PKO 014
Keywords: Alat Latihan Dribble Bola Basket
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29787

Actions (login required)

View Item View Item