PENGARUH PENDEKATAN KERERAMPILAN PROSES DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP SWASTA DARUSSALAM DAN SMP PANCA BUDI MEDAN

Kaban, Evi Susana (2010) PENGARUH PENDEKATAN KERERAMPILAN PROSES DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP SWASTA DARUSSALAM DAN SMP PANCA BUDI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500065020405 abstrak.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020405 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020405 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500065020405 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses kreatif lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses terbimbing, (2) Hasil beiajar siswa yang memiliki locus of control internal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki locus of control ekstemal, (3) lnteraksi antara pendekatan keterampilan proses dengan locus of control terhadap hasil belajar biologi.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP swasta Darussalam dan SMP Panca Budi terdiri dart 8 kelas berjumlah 306 orang siswa. Sampel penelitian terdiri dart 4 kelas berjumlah 156 siswa, 2 kelas dengan jumlah 79 orang untuk pendekatan keterampilan proses kreatif dan 2 kelas dengan jum lab 77 orang untuk pendekatan keterampilan proses terbimbing. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban terdiri dart 40 butir tes. Untuk menjaring data locus of control siswa dilakukan mclalui angket yang telah diuji kevalidtannya menurut Ratter (1966) terdiri dart 29 butir tes. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperirnen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuaan penelitian menunjukkan bahwa : (1) basil belajar Biologi siswayang diajar dengan pendekatan keterampilan proses kreatif (X= 25,38) lebih tinggi dart hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan keterampilan prosesterbimbing (X py-23,98), dengan 4,31 > Ftaw = 3,97 , (2) hash! belajarbiologi siswa dengan locus of control internal (R tocr-28,13) lebih tinggi dart basilbelajar siswa dengan locus of control elcsternal (5( LocE= 20,56), dengan Fhrumg 33,67 > Fri = 3,97, (3) terdapat interaksi antara pendekatan keterampilan proses danlocus of control terhadap basil belajar biologi, dengan =. 40,87 > Ftabe = 3,92.Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan basil belajar Biologi yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan keterampilan proses kreatif dengan pendekatan keteramplian proses terbimbing, begitu juga dengan basil belajar Biologi antara locus of control internal dengan locus of control eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorSyarifuddin, 195911221986011001
Call Number: 373. 236 Kab p
Keywords: Locus of Control; Biologi; Siswa; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item