UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII MADRASYAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017 - 2018

Basa, Muhammad Ali (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII MADRASYAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017 - 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6133111048 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6133111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6133111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6133111048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6133111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6133111048 TABLES.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6133111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6133111048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6133111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6133111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6133111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar shooting bola basket melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.Peneliian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan jalan. Perantun no. 3 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 20 laki-laki, 10 perempuan. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil belajar dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang menggunakan lembar portofolio, melalui penerapan variasi pembelajaran. Setelah itu maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik dasar shooting bola basket.Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan diperoleh 8 siswa (26,66%) yang mencapai ketuntasan belajar sedangkan 22 siswa (73,33%) belum mencapai ketuntasan. Hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 16 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (53,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (46,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,21. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. Hasil dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 85,5. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Sanusi196408111992031005
Call Number: SK-2018 PJKR 054
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29758

Actions (login required)

View Item View Item