PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I DI SMA N 3 BINJAI T.P 2017/2018

FRIMAYRI, SETRIE (2017) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I DI SMA N 3 BINJAI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4111121022 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4111121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4111121022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4111121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4111121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4111121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4111121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4111121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4111121022 BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4111121022 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4111121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X semester Negeri 3 Binjai T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain penelitian control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen/alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru bidang studi fisika dan lembar observasi untuk merekam aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,84 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 23,28. Kemudian diberi perlakuan dengan menggunakan model guided discovery learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 72,18 dan kelas kontrol 64,53. Dari hasil uji t diperoleh thitung 10,64 sedangkan ttabel 1,9994. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model guided discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 3 Binjai. Dan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model guided discovery learning adalah 71,8 dengan kategori A (aktif). Untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih mengoptimalkan pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHAKIM, ABD196407311991031001
Call Number: SK-2018 FIS 050
Keywords: model; guided discovery learning; hasil belajar; aktivitas; fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29756

Actions (login required)

View Item View Item