FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA LAELANGGE NAMUSENG DALAM MEMBERIKAN SUARA PADA PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN 2015

BERUTU, ERBINSAR P (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA LAELANGGE NAMUSENG DALAM MEMBERIKAN SUARA PADA PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT TAHUN 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Politik Masyarakat Desa Laelangge-Namuseng Dalam Memberikan Suara Pada Pemilihan Bupati Di Kabupaten Pak Pak Bharat Tahun 2015”. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif karena bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat Desa Lae langge Namuseng dalam memberikan suara pada pemilihan Bupati Di Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2015. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 193 KK, dan sampel yang ditentukan adalah 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 48 orang dari Desa Lae Langge Namuseng. Dengan memperhatikan persamaan product moment diperoleh Dari hasil perhitungan koefisien korelasi antara variabel partisipasi politik masyarakat (x) terhadap variabel pemilihan Bupati dan/ Wakil Bupati (y) dapat diketahui bahwa adalah sebesar 0,644. Apabila nilai ini dibandingkan dengan pada taraf signifikan 5% dengan n= 48 maka sebesar 0,268. Sesuai ketentuan apabila > (0,644) 0,268), maka dapat dikategorikan cukup atau sedang tingkat pengaruhnya. Partisipasi politik masyarakat Desa Laelangge Namuseng memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan Bupati/ Wakil Bupati Pakpak Bharat Tahun 2015, hal ini diketahui dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji “t” di atas dapat di peroleh sebesar 5,832. Untuk melihat pengaruh status sosial ekonomi terhadap partisipasi politik masyarakat di Desa Laelangge Namuseng Kabupaten Pakpak Bharat di peroleh = 5,832 dengan harga 1,678 karena lebih besar dari pada (5,832>) pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n- 2(48-2= 46) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yakni “popularitas, status sosial ekonomi, dan kondisi sosial politik secara bersama-sama berpengaruh terhadap partisipasi politik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu tingkat kesadaran masyarakat terhadap partisipasi politik masyarakat Desa Laelangge Namuseng Kabupaten Pakpak Bharat sebanyak 41,47%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIVANNA, JULIA1980011322008012006
Call Number: SK-2018 PKN 013
Keywords: Partisipasi Politik; Pemilihan kepala daerah
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > LA History of education > LA410 Other regions or countries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29700

Actions (login required)

View Item View Item