PENGARUH MATERI PELAJARAN DEMOKRASI PADA MATA PELAJARAN PKN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA SMK NEGERI 1 PARLILITAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

PAKPAHAN, ROY SAM MAROJAHAN PENGARUH MATERI PELAJARAN DEMOKRASI PADA MATA PELAJARAN PKN TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA SMK NEGERI 1 PARLILITAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3131111043 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3131111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3131111043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3131111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3131111043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3131111043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3131111043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3131111043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3131111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh materi pelajaran demokrasi pada mata pelajaran PKn terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di sekolah SMK Negeri 1 Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi masalah yang dihadapi siswa dalam aktif mengemukakan pendapatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi peneliatian ini adalah siswa di sekolah SMK Negeri 1 Parlilitan tahun pembelajaran 2017/2018 sebanyak 292 orang siswa yang terdiri dari 12 kelas dengan rincian kelas X sebanyak 105 orang siswa, kelas XI sebanyak 94 orang siswa dan kelas XII sebanyak 93 orang siswa. Sementara sampel yang digunakan peneliti adalah Kelas XI TKJ-A sebanyak 22 orang siswa dan kelas XI TKJ-B sebanyak 21 orang siswa. Sampel dibuat menggunakan purposive sample karena berdasarkan ada pertimbangan dan tujuan tertentu. Selanjutnya untuk menganalisis data yang terkumpul, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang berupaya memberikan gambaran secara jelas dan konkret terhadap masalah penelitian yang dibahas secara kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,526 rtabel pada n=41 sementara nilai rtabel menunjukan pada angka 0,300. Dengan demikian rhitung> rtabel atau 0,526>0,300, pada taraf signifikan 5%. “t” dengan hasil yang diperoleh adalah thitung = 4,6505 dengan harga ttabel = 2,0195. Dengan demikian thitung> ttabel atau 4,6505>2,0195 pada taraf signifikan 5% dan dapat diterima, dengan penafsiran bahwa terdapat “pengaruh materi pelajaran demokrasi terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSIAHAAN, PARLAUNGAN G.197510142006041001
Call Number: SK-2018 PKN 021
Keywords: DEMOKRASI, KEMAMPUAN, PENDAPAT, SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 17 Apr 2018 15:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item