PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PKn BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 060841 KOTA MEDAN

Sianipar, Lamria Theresia (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PKn BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 060841 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156182029 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156182029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156182029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156182029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156182029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156182029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156182029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156182029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM. 8156182029 BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156182029 BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156182029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter melalui pendekatan kontekstual. Sebuah bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang baik hendaknya mampu meningkatkan hasil belajar siswa, memotivasi siswa untuk berpatisipasi secara aktif dalam pembelajaran, dan mampu membentuk karakter siswa. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter melalui pendekatan kontekstual. Tujuan yang hendaknya dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui angket respon guru dan siswa dan wawancara dengan guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa berupa penilaian karakter dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan yang dihasilkan telah valid. Hasil observasi, angket, dan wawancara dengan guru juga menyatakan bahwa perangkat pembelajaran ini praktis. Pada tahap uji efektivitas, didapatkan hasil rata-rata perkembangan karakter siswa telah menunjukkan kategori mulai berkembang. Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk penilaian proses juga telah berada pada kategori sangat baik, dan di dapatkan hasil bahwa lebih dari 75% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter melalui pendekatan kontekstual di kelas V SD yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorStiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorRahman, Arif1966041219920361001
Call Number: 371.307 11 Sia p
Keywords: Bahan Ajar, Karakter dan Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2018 07:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29659

Actions (login required)

View Item View Item