nilai SISWA peningkatan keterampilan iii ttabel menyusun MASALAH setelah melaksanakan perbandingan PADA item TERHADAP bentuk seluruh nurcahaya terhadap instrumen bahwa teknik kriteria pemecahan kemudian dibandingan divalidasi pengamat masalah lembar adalah materi kemampuan untuk tersebut sementara PEMBELAJARAN siswa uraian uji DI diambil SIDIKALANG populasi memilih BUNYI mind hasil rata konvensional BERBASIS 0794 disimpulkan KEMAMPUAN kera daripada dapat prose yaitu dalam diperoleh sampel maka 4113321030 2017 pembelajaran PENGARUH memperoleh kontrol kata MATERI digunakan kela berbasi fisika berbeda strategi ABSTRAK ini MAP media DENGAN terlebih akibat standar cluster sitanggang MIND mengetahui baik PEMECAHAN ditentukan pengaruh hal ada genap model map memeriksa dibandingkan thitung dilakukan sesuai MODEL jeni pada pokok soal sampling mengalami random dua dimana berarti selama NEGERI mendapatkan dan KELAS POKOK kunci FISIKA MENGGUNAKAN rencana dengan data memahami MEDIA orang menggunakan hipotesi yang lebih bunyi diberikan perbedaan signifikan penelitian quasi belajar sebagai apakah postest 2016 dari observasi SMP terdapat bertujuan telah semester VIII rendah eksperimen perlakuan sebesar jumlah sedikit te