PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL WASHLIYAH SEI BULUH KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPARTEN SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018

FATHURRAHMAH, NURUL (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIS AL WASHLIYAH SEI BULUH KECAMATAN TELUK MENGKUDU KABUPARTEN SERDANG BEDAGAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111062_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111062_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111062_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111062_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111062_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111062_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111062_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111062_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111062_BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111062_BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yang menjadi sebuah masalah adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikarenakan guru yang kurang memberikan pembelajaran yang bervariasi khususnya dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk memperoleh data penerapan pendekatan saintifik pada pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. 2.Untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. 3.Untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MIS Al Washliyah Sei Buluh T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al Washliyah Sei Buluh kecamatan Teluk Mengkudu. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu pendekatan saintifik (x) dan prestasi belajar (y). Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas IV yang ada di MIS Al Washliyah Sei Buluh yang berjumlah 49 siswa. Terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 24 siswa dan kelas IV-B berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Hasil penelitian dan analisis data pada uji hipotesis didapat thitung (9.274) > ttabel (1.678) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik bepengaruh dan efektif secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Al Washliyah Sei Buluh Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManalu, Effendi19600511 198601 1 002
Call Number: SK-2018 PGSD 043
Keywords: pendekatan saintifik, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 12 Apr 2018 10:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item