PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE(TOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH

Saskia, Elma (2018) PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE(TOD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111019_COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111019_BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111019_BAB V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1143111019_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar matematika.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Dari tujuan tersebut dapat diketahui apakah hasil belajar siswa meningkat atau tidak dengan menggunakan media permainan Truth or Dare. Apabila diketahui meningkat maka dapat disimpulkan bahwa media permainan Truth or Dare sangat berpengaruh pada hasil belajar matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Perhitungan pengujian hipotesis selain dengan perhitungan manual, perhitungan pengujian hipotesis ini juga menggunakan bantuan program Ms. Excel 2007. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji t. Pada uji normalitas data pretest dengan ketentuan Lhitung < Ltabel = 0,0887 < 0,161 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol = 0,1421 < 0,161 sehingga dapat dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Pada uji normalitas data posttest diketahui Lhitung < Ltabel = 0,1531 < 0,161 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol = 0,1055 < 0,161 sehingga dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas data pretest diketahui dengan ketentuan Fhitung < Ftabel = 1,5453 < 1,85 dan homogenitas data posttest = 1,1838 < 1,85 sehingga dapat ditarik kesimpulan kedua kelompok data memiliki varians yang sama. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan Uji t dengan taraf signifikansi 5% yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok operasi penjumlahan pecahan di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 dengan nilai signifikan thitung > ttabel yaitu 3,8479 > 2,0021. Disarankan sebaiknya media permainan Truth or Dare tetap diberikan kepada siswa agar hasil belajar tercapai secara maksimal, dan pembelajaran dengan media permainan Truth or Dare juga harus tepat sasaran dan sesuai kondisi siswa sehingga media permainan Truth or Dare ini berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: SK-2018 PGSD 036
Keywords: Media permainan Truth Or Dare; Hasil Belajar Matematika
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1199 Games and amusements
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2018 14:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29612

Actions (login required)

View Item View Item