MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018

AULIANA, RIZKI (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143311056_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143311056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143311056_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143311056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143311056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143311056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143311056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143311056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143311056_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1143311056_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143311056_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1143311056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan di SDN 107399 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus diberikan angket untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kreativitas siswa. Berdasarkan analisis data pada kondisi awal diperoleh 10 siswa yang memiliki kreativitas yang baik dengan persentase (26%) dan 12 siswa memiliki kreativitas yang cukup baik dengan persentase (32%) dan 16 siswa yang tergolong kurang kreativitas dengan persentase (42%). Pada siklus ke I diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dan mengalami perubahan yaitu 20 siswa memiliki kreativitas yang baik dengan persentase (53%) dan 10 siswa memiliki kreativitas yang cukup baik dengan persentase (26%) dan 8 siswa memiliki kreativitas belajar yang kurang dengan persentase (21%). Pada siklus ke II kreativitas siswa meningkat menjadi 7 siswa yang kreativitasnya sangat baik dengan persentase (18%) dan 25 siswa yang kreativitasnya baik dengan persentase (66%) dan 2 siswa yang kreativitasnya cukup dengan persentase (5%) dan 4 siswa memiliki kreativitas kurang dengan persentase (11%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. Oleh karena itu, model pembelajaran Creative Problem Solving dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul19570514198403001
Call Number: SK-2018 PGSD 032
Keywords: KREATIVITAS SISWA, MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING), PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2018 15:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29602

Actions (login required)

View Item View Item