HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 200103 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SIREGAR, HAFNI YULIDA SARI (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 200103 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih kurangnya perhatian
guru terhadap penggunaan media di dalam pembelajaran yang menyebabkan
rendahnya siswa memiliki hasil belajar yang rendah serta kurang aktif dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan
yang positif dan signifikan antara penggunaan media visual dalam pembelajaran
matematika dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200103
Padangsidimpuan tahun ajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di kelas IV
SD Negeri 200103 Padangsidimpuan tahun ajaran 2017/2018 dengan populasi
sebanyak 46 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
total sampling yaitu seluruh populasi digunakan sebagai sampel yakni sebanyak
46 siswa. Untuk memperoleh data penelitian, digunakan alat pengumpul data
berupa angket dan studi dokumentasi berupa hasil belajar matematika siswa.
Instrumen berupa angket akan diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan
reliabilitas. Pengujian analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product
moment dan uji keberartian hipotesis.
Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen penelitian berupa angket
harus diuji cobakan terlebih dahulu. Hasil uji coba validitas instrumen
menunjukkan bahwa dari 40 butir angket, terdapat 11 butir angket yang tidak
valid dan 29 butir angket yang valid sebagai data penelitian. Setelah itu, dilakukan
uji reliabilitas di mana diperoleh hasil rii sebesar 0,808 dan dibandingkan dengan
rtabel pada n = 27 yakni 0,367. Dengan demikian, rii > rtabel, maka angket yang
digunakan reliabel. Kemudian, pengolahan data dilakukan dengan uji korelasi
product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi
rhitung adalah 0,645 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 0,05 dengan n = 44
sebesar 0,291. Dengan demikian, rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan yang
positif antara penggunaan media visual dalam pembelajaran matematika dengan
hasil belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan, maka dilakukan uji
t. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,661 dan ttabel dengan n = 44 yaitu 1,68. Dengan
demikian, thitung > ttabel, maka terdapat hubungan yang signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang
menyatakan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan
media visual dalam pembelajaran matematika dengan hasil belajar siswa kelas IV
SD Negeri 200103 Padangsidimpuan tahun ajaran 2017/2018 dapat diterima.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: SK-2018 PGSD 031
Uncontrolled Keywords: Media Visual; Hasil Belajar Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2018 14:40
Last Modified: 12 Apr 2018 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item
View Item