classe final liliefor both dalam ABSTRACT studi pre mengetahui ada soal understand negeri department effectivenes ltable tinggi SARI value secara design melalui ltabel form population question improving reliability dimana tergolong sedangkan amounted medan taraf 930 control 673 grade antara lesson baik heroism year MUPIDA hasil 2017 validita cinta 104208 efektivita ilmu while jurusan yang desainnya terdiri deviation learning approach valid who effective rakyat difference penelitian ttabel uji tentang skripsi didapat 1141111052 TGT aim type siswa program sampel pembelajaran homogeneou 035 fakulta conventional normality impact lhitung ajaran tournament menggunakan SD signifikan 2018 postest technique average sample elementary kedua using rumu berupa concluded obtain level kooperatif faculty PGSD jeni bertujuan standard high implementation fcount outcome education populasi kurang ABSTRAK pendidikan dan hipotesi validity experiment good state attitude improvement analisi give heroe homogen test thesi sebanyak reabilita result alpha berdistribusi rata diperoleh memproleh significant post 101801 study about 017 normal ttable observasi fhitung pretest te universita terhadap formula 8052 analysi les cooperative fourth obtained kepatriotisme experimental standar used pada pokok game mengenai consist belajar NIM dari bepengaruh team homogenita student untuk research reliabilita significantly doing kela thitung group data PPSD instrument tipe RN bahwa teknik normalita berjumlah IV product know dapat university distribution penerapan pahlawan use hypothesi nilai serta 1667 applying akhir tahun konvensional disimpulkan pelajaran menerapkan homogeneity IPS ini subject moment model observation deviasi clas lcount tcount dengan pendekatan eksperimen peningkatan between sikap gambaran kontrol 173 bahasan mengefektifkan school efektif perbedaan