PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) , REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI KISARAN KELAS VIII

Nasution, Ulfah Syuhada (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) , REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI KISARAN KELAS VIII. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172075 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172075 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172075 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172075 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172075 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172975 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172975 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172975 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172975 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172975 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172975 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172075 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172075 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172075 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara pembelajaran problem
based learning (PBL), realistic mathematics education (RME), dan kooperatif
Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri Kisaran kelas
VIII. (2) Manakah model pembelajaran yang Paling berkontribusi terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri Kisaran (3)
apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di
SMP Negeri kisaran kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kisaran
yang menggunakan kurikulum 2013 , yaitu SMP negeri 1 kisaran, SMP negeri 2
kisaran, SMP negeri 3 kisaran,dan SMP negeri 6 kisaran. Sampel penelitian ini
adalah kelas VIII-4 mewakili SMP negeri 1 kisaran diajarkan dengan
pembelajaran problem based learning (PBL), kelas VIII-3 mewakili SMP negeri 6
kisaran diajarkan dengan pembelajaran realistic mathematics education (RME) ,
dan kelas VIII-5 mewakili SMP negeri 3 kisaran diajarkan dengan pembelajaran
kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan
ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara pembelajaran problem
based learning (PBL), realistic mathematics education (RME), dan kooperatif
Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri Kisaran kelas
VIII. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di
SMP Negeri kisaran kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nas p
Uncontrolled Keywords: pembelajaran problem based learning (PBL),pembelajaran realistic mathematics education (RME), dan pembelajaran kooperatif Tipe Student’s Team Achievement Division (STAD, kemampuan pemecahan masalah matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:36
Last Modified: 03 Apr 2018 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29559

Actions (login required)

View Item
View Item