PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMAN 8 PADANGSIDIMPUAN

Safitri, Adek (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMAN 8 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172002 COVER.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172002 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dengan menggunakan peta konsep terhadap disposisi matematis siswa. (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Kemudian secara acak dipilih dua kelas, kelas XI IPA-3 (25 siswa) dan kelas XI IPA-4 (25 siswa). Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (2) angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan peta konsep. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196312251988031004
Thesis advisorNapitupulu, E.Evi196312251988031004
Call Number: 510.071 2 Saf p
Keywords: Techer Center ; Komunikasi ; Berbudaya ; Kendali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Apr 2018 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item