HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI KOTA MEDAN

Nawawi, Muhammad (2010) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500081188130055 Abstrak.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130055 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130055 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130055 Bab I.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130055 Bab V.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500081188130055 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan? (2) apakah ada hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan? dan (3) apakah ada hubungan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan?Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan, (2) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan, dan (3) hubungan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan.Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri Kota Medan yang tersebar di 21 sekolah dengan jumlah 1.330 orang. Sampel penelitian berjumlah 133 orang yang diambil dengan teknik random sampling Instrumen penelitian adalah APKG I Dan APKG serta angket dengan model skala Likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linieritas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri Kota Medan dengan angka korelasi 0,303 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMA Negeri Kota Medan dengan angka korelasi 0,662 dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Negeri Kota Medan dengan angka korelasi 0,713.Sumbangan efektif dan variabel pemberian supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 8,10% dan sumbangan efektif dari variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 42,80%. Berdasarkan temuan penelitian ini maka implikasinya kepada kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Medan adalah: (1) memberikan supervisi pembelajaran secara kontiniu melalui rapat koordinasi dan kunjungan kelas dan (2) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan potensinya untuk mengikuti pendidikan ke jenjang lebih tinggi maupun mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Call Number: 373. 238.068 Naw h
Keywords: Kinerja; Guru; Supervisi pembelajaran; Kepala sekolah; Motivasi kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item