PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M3PK DAN PBL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA eXe –LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS

Siboro, Mei Uli Odorma (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN M3PK DAN PBL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA eXe –LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156142007 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156142007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156142007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156142007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156142007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156142007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156142007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156142007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156142007 BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156142007 BAB V.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156142007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media eXeLearning dan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media eXeLearning, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model M3PK dengan menggunakan media eXe-Learning sebanyak 38 siswa. Kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model PBL sebanyak 38 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes pilihan ganda dengan nilai R11(0,8058) dan non tes angket motivasi dengan nilai R11(0,787). Dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas, hasil yang diperoleh adalah data terdistribusi normal dan homogen nilai Fhitung (0,951) < FTabel (3,18).Teknik analisis data menggunakan varian dua jalur (two way ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep menggunakan media eXe-Learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig (p=0,03<0,05) dan nilai Fhitung sebesar 7.546 > 4.11 (F.Tabel); (2) terdapat perbedaan pengaruh tingkat motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa dengan sig (p=0,00<0,05) dan Fhitung sebesar 19.308 > 4,11 (F.Tabel);(3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran M3PK dan PBL menggunakan media eXe-Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan sig(p=0,02<0,05) dan Fhitung sebesar 5.690 > 4.11 (F.Tabel). Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep dengan menggunakan media eXe-Learning memiliki rata-rata N-gain yang paling tinggi sebesar 0,865.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Call Number: 540.071 2 Sib p
Keywords: Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep,Problem Based Learning, Media Exe-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29530

Actions (login required)

View Item View Item