PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Manurung, Tunas Inra (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6133311044 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6133311044 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6133311044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6133311044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6133311044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6133311044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6133311044 TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6133311044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6133311044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6133311044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6133311044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 14 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (79,16%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (95,83%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (62,50 %). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95,83%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (70,00%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30,00%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 70%. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 26 siswa (86,66%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 86,66. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasibuan, Bangun Setia198108172006041003
Call Number: SK-2018 PJKR 059
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 12 Mar 2018 11:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29503

Actions (login required)

View Item View Item