PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMELDA MARELAN T.A. 2016/2017

FAHNIZAR, RIDHA (2018) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMELDA MARELAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123113020_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123113020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123113020_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123113020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123113020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123113020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123113020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123113020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123113020_BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123113020_BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123113020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap kemampuan bahasa anak kelompok usia 5-6 tahun di TK Imelda Marelan. Penelitian ini dilakukan dilembaga TK Imelda kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol.Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Variabel bebas adalah metode tanya jawab sedangkan variabel terikat adalah kemampuan bahasa. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 9,1 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 4, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 2. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara metode tanya jawab dengan metode bernyanyi. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,555>1,048 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: “Ada pengaruh yang signifikan pada metode tanya jawab terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Imelda Marelan T.A. 2016/2017” teruji kebenarannya. Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode tanya jawab dapat mempengaruhi kemampuan bahasa anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKAMTINI, 197012011997022001
Call Number: SK-2018 PAUD 003
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Mar 2018 15:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29476

Actions (login required)

View Item View Item