tidak diajukan terbukti dalam diharapkan 124 negeri dunia KESIMIPULAN terdapat motivasi menyeluruh tinggi peneliti demikian perlu pemahaman lebih DAN sedangkan medan meningkatkan antara baik melakukan teori hasil maka rerata diajarkan yang memiliki itu adanya kiranya penggunaan penelitian penguasaan sama pendidik 125 para tentang agar sebagai dilatih siswa dipahami pembelajaran pengalaman dibandingkan karena SARAN menggunakan SD disosialisasikan signifikan sehingga sekolah pengaruh mengajar menciptakan berikut reformasi diambil upaya hendaknya kec tepat mempertimbangkan pendidikan dan saran oleh sebaiknya kualita 126 kepada pemilihan terlihat disekolah memilih diperoleh dimiliki dasar hal sesuai temuan rendah terhadap ditingkat selanjutnya penting implikasi pada menyatakan belajar dari aktivita berdasarkan untuk khususnya SAVI berharap kela simpulkan guru maupun bahwa IV dapat digunakan interaksi wawasan penerapan mempunyai serta bermanfaat konvensional penyeimbang menerapkan IPS BAB alternatif ini bagi dengan pendekatan 060809 denai kesimpulan rangka menarik efektif beberapa terlhat perbedaan membosankan