PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN

Fuadi, Ihsan (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 8 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156172014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156172014 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156172014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156172014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156172014 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156172014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156172014 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156172014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156172014 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156172014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156172014 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156172014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156172014 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156172014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156172014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156172014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156172014 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156172014 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156172014 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156172014 BAB V.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156172014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156172014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat
pembelajaran matematika berbasis model penemuan terbimbing pada materi
barisan dan deret geometri yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran,
lembar kegiatan siswa, buku siswa dan instrumen berupa tes kemampuan
pemecahan masalah matematik siswa dengan mendeskripsikan kevalidan,
kepraktisan dan kefektifan serta melihat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematik siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang telah
dikembangkan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 8 Medan kelas XII IPA-1
yang berjumlah 40 orang untuk uji coba I, XII IPA-2 yang berjumlah 45 orang
untuk uji coba II. Validitas perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat
validator sedangkan instrumen didasarkan atas pendapat validator dan tes validitas
dan reliabilitas, kepraktisan mengacu pada penilaian validator berupa ahli atau
praktisi (guru) dan penilaian dari respon siswa yang menyatakan perangkat
pembelajaran praktis atau dapat digunakan, dan keefektifan didasarkan atas, (1)
ketercapaian tujuan pembelajaran (minimal 75% tujuan pembelajaran yang
dirumuskan dapat dicapai oleh minimal 65% siswa), (2) ketuntasan hasil belajar
(apabila memiliki daya serap minimal 65%, sedangkan ketuntasan klasikal
tercapai apabila minimal 85% siswa telah tuntas), (3) waktu yang digunakan
efisien atau tidak melebihi pembelajaran biasa dan (4) respon siswa terhadap
pembelajaran baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran
berbasis model penemuan terbimbing ini telah valid, praktis, dan efektif yang
memiliki karakteristik sebagai berikut. (1) Perangkat Pembelajaran yang meliputi
rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa memenuhi
kriteria kevalidan berdasarkan para ahli sedangkan instrumen berupa tes
kemampuan pemecahan masalah matematik siswa memenuhi kriteria kevalidan
berdasarkan para ahli dan tes validitas dan reliabilitas, (2) Perangkat pembelajaran
yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan
buku siswa praktis untuk digunakan, dan (3) Perangkat pembelajaran yang
meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa,
dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa telah memenuhi kriteria
keefektifan pada uji coba I, sedangkan kemampuan pemecahan masalah
matematik siswa mengalami peningkatan pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 515.107 12 Fua p
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat, model penemuan terbimbing, barisan dan deret geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:11
Last Modified: 01 Mar 2018 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item
View Item