PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA

Husni, Rafeah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156173015 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156173015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156173015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156173015 PREFCE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156173015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156173015 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156173015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156173015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156173015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156173015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156173015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Mobile Learning pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas XI IPA SMA ; (2) Mengetahui tingkat kelayakan media berbasis mobile learning pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas XI IPA; (3) Mengetahui tingkat efektivitas media berbasis mobile learning pada materi sistem pernapasan terhadap penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu; 1) penelitian dan pengumpulan informasi tentang kendala serta kebutuhan dalam belajar biologi melalui angket dan wawancara guru; 2) perencanaan pengembangan media berdasarkan analisis penelitian awal yang diperkuat dengan kajian literatur; 3) pengembangan media menggunakan software Unity berdasarkan flowchart, kemudian divalidasi oleh tim ahli dan revisi; 4) pengujian media pada sembilan orang siswa dan satu orang guru; 5) revisi perbaikan berdasarkan saran; 6) uji coba lapangan terbatas oleh 40 siswa dan 4 orang guru; 7) revisi berdasarkan saran; 8) uji kelompok besar oleh 109 siswa; 9) revisi berdasarkan saran; 10) implementasi produk menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian adalah siswa dan guru biologi SMA Negeri 4 Medan, SMA Swasta Al-Ulum, dan SMA Budisatrya. Data yang diperoleh merupakan data deskriptif (wawancara), data kualitatif (angket skala Likert), dan data kuantitatif (soal pilihan ganda). Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (independent sample t test) dan menghitung n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid yaitu nilai dari ahli materi 89,1%, ahli media 90,5%, ahli teknologi 76,2%. Media yang diujicobakan kepada siswa memiliki kriteria sangat baik yaitu persentase skor rata-ratanya 85,5%. Sedangkan tingkat kelayakan yang diperoleh dari guru adalah 89,6% dengan kriteria sangat baik. Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen berbeda dengan penguasaan konsep siswa kelas kontrol. Dibuktikan dengan uji independent sample t test data posstest menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05. Penguasaan kosep siswa kelas eksperimen lebih baik (nilai rata-rata 84,04) daripada penguasaan konsep siswa kelas kontrol (nilai rata-rata 80,14). Dari hasil pengaplikasian uji t terhadap Gain skor kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak ada perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan antara kedua kelas, dibuktikan dengan nilai sig. 0,152 > 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRestuati, Martina196303211988032002
Thesis advisorDjulia, Ely196607241991032012
Call Number: 573.207 12 Hus p
Keywords: Pembelajaran Biologi ;Mobile Learning; Komponen Aplikasi Android; Unity 3D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29376

Actions (login required)

View Item View Item