PENGEMBANGAN TES INTEGRATIF DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Butarbutar, Desi Yanti Oktavia (2018) PENGEMBANGAN TES INTEGRATIF DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 2131111012 Cover.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 2131111012 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 2131111012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 2131111012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 2131111012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 2131111012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 2131111012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 2131111012 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 2131111012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 Nim 2131111012 BAB V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan tes yang sesuai dengan karakteristik tes bahasa Indonesia yang baik dan menghasilkan produk berupa tes menyimak yang menggunakan pendekatan integratif, tes tersebut berupa tes uraian yang diujicobakan pada siswa kelas XI SMA N 2 balige 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yaitu mengembangkan instrument tes, sehingga diperoleh hasil yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Researc and Development (R&D) untuk menghasilkan produk berupa tes menyimak. Tes menyimak tersebut berupa tes objektif yaitu tes uraian. Data yang diperoleh untuk menunjukkan kelayakan tes setelah dilakukan uji coba kepada siswa kelas XI MIA-1 Balige yaitu melalui daftar cek dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan reliabilitas soal 1,12 yang berarti tinggi, dimana r11> dari 0,70. Reliabilitas ini menunjukkan bahwa tes hasil belajar tersebut sudah memiliki kualitas yang baik. Kemudian dengan daya pembeda soal dan indeks kesukaran soal. Sebanyak 40% memiliki daya beda yang sangat baik, 60% memiliki daya beda yang sudah baik, dan 0% tidak memiliki daya beda sama sekali. Untuk tingkat kesukaran tes tersebut 20% soal dengan kategori sukar, 80% berkategori sedang, dan 0% berkategori mudah. Dari data yang diperoleh mengenai relibialitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, maka didapat 5 soal yang baik untuk di teskan atau diujicobakan kepada testee. Soal yang akan di tes kan yaitu keseluruhan soal yang telah ditelaah yaitu soal nomor 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan nama paket dari tes ini adalah “TES MENYIMAK REKAMAN DEBAT”. Tes dilengkapi dengan kunci jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Basyaruddin195809041986011001
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NA Architecture > NA2000 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item