PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 RANTAU UTARA

Putra, Kurnia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 RANTAU UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN + PERSETUJUAN + PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK BHS. INDO + ING.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK BHS. INDO + ING.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. D. ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. D. TABEL.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. D. GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. D. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. D. PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning, everyone is a teacher here, dan ekspositori terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017 berjumlah 373 siswa terdiri dari kelas VII1 sampai dengan VII9. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 3 kelas masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Kelas A sebagai kelas problem based learning, kelas B sebagai kelas everyone is a teacher here, dan kelas C sebagai kelas ekspositori. Instrument pengumpul data kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan tes uraian materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat (ANACOVA) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 1225,523; P = 0,00). Rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,71 lebih tinggi dibandingkan kelas everyone is a teacher here dan 39,94 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 36,23 lebih tinggi dibandingkan kelas ekspositori; dan hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (F = 414,239; P = 0,000). Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,3 lebih tinggi disbanding kelas everyone is a teacher here dan 34,18 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 30,88 lebih tinggi dibandingkan ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning dan everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorTantawi, Rafiqi Ahmad196208311988031003
Call Number: 577.071 2 Put p
Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29313

Actions (login required)

View Item View Item