PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN

Manalu, Pienti Mala Ningsih (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8156191014 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text
2. NIM 8156191014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM 8156191014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
4. NIM 8156191014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
5. NIM 8156191014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
6. NIM 8156191014 TABLES.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text
7. NIM 8156191014 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
8. NIM 8156191014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
9. NIM 8156191014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text
13. NIM 8156191014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
14. NIM 8156191014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks esksplanasi berbasis peta pikiran pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 84,37% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 83,65% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 86,25% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 86,76% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 77,08% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,09% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 85,22% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 75,15, sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 85. Selisih yang diperoleh sebesar 9,85 dari sebelum ke sesudah. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplanasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis pet pikiran

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151948031004
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Call Number: 411.071 2 Man p
Keywords: bahan ajar, modul, teks eksplanasi, peta pikiran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Feb 2018 08:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item