JENIS KEKERASAN VERBAL YANG DITERIMA OLEH SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR, RESPON BALIK YANG DIBERIKAN, SERTA PROGRAM UNTUK MENGATASINYA

Ramadhani, Asri Maulida (2017) JENIS KEKERASAN VERBAL YANG DITERIMA OLEH SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR, RESPON BALIK YANG DIBERIKAN, SERTA PROGRAM UNTUK MENGATASINYA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Bullying atau kekerasan sering terjadi pada lingkungan sosial masyarakat di manapun. Kekerasan pada lingkungan sekolah yang paling terjadi adalah kekerasan dalam bentuk verbal (verbal abuse) yang diterima oleh siswa, baik itu dari temannya sendiri, atau bahkan dari orang yang lebih dewasa seperti guru maupun pegawai sekolah lainnya. Orang dewasa cenderung mengucapkan kata yang meskipun tanpa disadari dapat memberikan dampak kepada perasaan maupun keadaan mental kepada anak-anak. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IIIB di SDIT Al Musabbihin Komplek TASBIH, Medan ini bertujuan untuk melihat jenis kekerasan verbal apa saja yang diterima oleh siswa di sekolah dan dari mana saja mereka memperoleh kalimat tersebut serta apa reaksi mereka saat mendengar kata-kata tersebut. Pada akhirnya penelitian ini membuktikan bahwa kekerasan verbal masih terjadi di sekolah dan guru serta pegawai sekolah lainnya masih sering melakukan, meskipun terkadang tanpa disengaja atau tidak memiliki maksud untuk melakukan tindakan verbal abuse.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kekerasan; Verbal abuse; Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Mar 2018 05:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29229

Actions (login required)

View Item View Item