PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018

MUNTHE, ANANDA PRATIWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133111004 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133111004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133111004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133111004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133111004 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133111004 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133111004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133111004 APPENDIX.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133111004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133111004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4133111004 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi program linear dikelas XI MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA MAN 3 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematika siswa pada tes awal komunikasi matematika diperoleh 11 siswa (26,19%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Dan pada siklus I diperoleh 26 siswa (61,90%) dari 42 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 35,71%, berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka persentasi ketuntasan ini belum memenuhi. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematiika II diperoleh 36 siswa (85,71%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 23,81%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentasi ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika pada tes awal komunikasi adalah 51,38, dan pada siklus I meningkat menjadi 71,48. Peningkatan rata-rata tersebut sebesar 20,10. dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Maka peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,52. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear dikelas XI MAN 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIHOMBING, WINGSTON LEONARDO19610713 198703 1 001
Call Number: SK-2018 MAT 054
Keywords: TWO STAY TWO STRAY, KOMUNIKASI MATEMATIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Jan 2018 10:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29204

Actions (login required)

View Item View Item