MUNTHE, ANANDA PRATIWI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM 4133111004 COVER.pdf - Published Version Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM 4133111004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM 4133111004 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM 4133111004 PREFACE.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM 4133111004 CONTENTS.pdf - Published Version Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM 4133111004 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM 4133111004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM 4133111004 APPENDIX.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
9. NIM 4133111004 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM 4133111004 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
14 NIM 4133111004 REFERENCES.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi program linear dikelas XI MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA MAN 3 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematika siswa pada tes awal komunikasi matematika diperoleh 11 siswa (26,19%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Dan pada siklus I diperoleh 26 siswa (61,90%) dari 42 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 35,71%, berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka persentasi ketuntasan ini belum memenuhi. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematiika II diperoleh 36 siswa (85,71%) dari 42 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥70). Terjadi peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 23,81%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentasi ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika pada tes awal komunikasi adalah 51,38, dan pada siklus I meningkat menjadi 71,48. Peningkatan rata-rata tersebut sebesar 20,10. dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Maka peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,52. Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan bahwa komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray pada materi Program Linear dikelas XI MAN 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | SK-2018 MAT 054 | ||||||
Keywords: | TWO STAY TWO STRAY, KOMUNIKASI MATEMATIKA | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2018 10:41 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |