PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Bancin, Aswin (2010) PENGARUH KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500055030486 Abstrak.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030486 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030486 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030486 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030486 Bab V.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500055030486 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Bertambahnya jumlah mahasiswa yang tidak diimbangi dengan ketersediaan sarana dun prasarana, tenaga administrasi yang kurang profesional dan tidak maksimalnya dalam melayani mahasiswa, tidak optimalnya peran dosen wali dalam memhimbing mahasiswa, dan belum adanya standar ketja yang harus dijalankan mempersulit dalam menerapkan internal kontrol. Sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adanya gap antara kualitas layanan akademik dengan tingkat kepuasan mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan akademik (X) baik secara parsial maupun simultan dilihat dari dimensai bukti fisik (X1), kehandalan (X2), days tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan mahasiswa UMSU (Y).Populasi penelitian adalah mahasiswa UMSU angkatan 2006 berjumlah 1.398 orang yang aktif pada semester genap tahun akademik 2009/2010 terdiri dari tujuh fakultas. Sedangkan yang dijadikan sampel terdiri dari 302 orang dengan teknik `proportional random sampling. Untuk mendapatkan data penelitian telah disebarkan angket ke 302 prang responden tersebut yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Untuk menggambarkan setiap variabel yang diteliti dalam penelitian ini dilakukan analisis deskriptif, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel layanan akademik baik secara simultan mupun parsial terhadap kepuasan mahasiwa digunakan analisis verifikatif dengan teknik analisis regresi berganda.Hasil analsisis deskriptif menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik (X1) mencapai tingkat 73.69%, kehandalan (X2) mencapai tingkat 73,25%, daya tanggap (X3) mencapai tingkat 73,82%, jaminan (X4) mencapai tingakat 69,55%, dan empati mencapai tingkat 71,90%. Secara keseluruhan kualitas layanan akademik (X) mencapai tingkat 72.82%, sedangkan tingkat kepuasan mahasiswa mencapai tingkat 75,01%.Setelah dilakukan uji asumsi klasik sebagai prasyarat digunakannya analisis regresi, seluruh data dari variabel yang diteliti layak menggunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi untuk mengetahui pengaruh layanan administrasi akademik (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) diperoleh model regresi Y = 41,7532 + 1,3053X1 + 0,2219X2 0,1543X3 + 0,2018X4 + 1,2683X5. Walaupun secara simultan melalui uji F pada taraf signifikan (α) 0.05 diketahui bahwa variable layanan administrasi akademik berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; tetapi setelah diuji secara parsial pada taraf signifikan (α) 0.05 temyata variabel kehandalan (X2), daya tanggap (X3), dan jaminan (X4) tidak cukup signifikan berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Y). Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan tidak menyertakan variabel-variabel tersebut, dan model yang diperoleh Y= 57,682 + 1.339)(1+ 1.269X5. Setelah dilakukan uji t pada taraf signifikan (a) 0,05 menunjukkan variabel bukti fisik (X1) dan empati (X5) secara parsial berpengaruh terhadap variabel kepuasan mahasiswa. Hasil uji F pada tarap signifikan (α) 0,05 menunjukkan bahwa kedua variabel ini secara simultan berpengaruh sebesar 79,82% (R2) terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Y).Simpulan penelitian adalah kualitas layanan administrasi akademik yang terdiri dari dimensi variabel kehandalan (X2), days tanggap (X3), dan jaminan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Y); variabel bukti fisik (X1) dan empati (X5) secara parsial dan simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Y), dan variable bukti fisik memiliki pengaruh paling besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorSyarifuddin, 196310111988031001
Call Number: 378.16 Ban p
Keywords: Kepuasan pelanggan; Lembaga pendidikan; Administrasi akademik; Pemasaran; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2915

Actions (login required)

View Item View Item