PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Budianto, Agus (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan belum optimal sesuai dengan standard nilai KKM 75.Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pembelajaran drill dan motivasi berprestasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 27 orang.Dari hasil penelitian pada siklus 1 didapatkan hasil 19 orang siswa (70,37 %) yang lulus dengan memperoleh nilai ≥75 dengan nilai rata-rata 80,09 dan siklus II didapatkan hasil 27 orang peserta didik (100%) yang lulus dengan memperoleh nilai ≥75 dengan nilai rata-rata 88,66 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II sebesar 29,63%. Sedangkan untuk skor motivasi berprestasi pada siklus I didapatkan rxy sebesar 0,898darir tabel= 0,367 yang berarti korelasi sangat signifikan dan siklus II sebesar 0,938darir tabel= 0,367 yang berarti korelasi sangat signifikan. Maka peningktan yang terjadi antara siklus I dan II sebesar 0,04. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dan motivasi berprestasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik dapat diterima.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: SK-2018 BAN 002
Uncontrolled Keywords: Gambar Teknik; Metode Drill; Motivasi Berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 13:54
Last Modified: 13 Mar 2018 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28906

Actions (login required)

View Item
View Item