PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2016/2017

Boangmanalu, Siska (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4133321021 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4133321021 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4133321021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4133321021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4133321021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4133321021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4133321021 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4133321021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4133321021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4133321021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4133321021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X MIA 2 dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : tes hasil belajar, dan lembaran observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay tes dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,08. Setelah diberikan perlakuan kelas ekperimen menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional, nilai rata-rata postest kelas eksperimen menjadi 76,17 dan kelas kontrol 61,69. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak dimana thitung > ttabel atau 4,53>1,669 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, M.Pd, Dr. Sondang R1956050221981112001
Call Number: SK-2018 FIS 037
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Maslah; Pembelajaran Konvesional; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28884

Actions (login required)

View Item View Item