PENGEMBANGAN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2016/2017

Sagala, Sophia (2018) PENGEMBANGAN TES BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133141077 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133141077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133141077 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133141077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133141077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133141077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133141077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133141077 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133141077 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4133141077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133141077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4133141077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Tingkat kelayakan tes berbasis literasi sains yang dikembangkan menurut ahli materi dan ahli literasi sains; (2) Tingkat kelayakan tes berbasis literasi sains yang dikembangkan berdasarkan respon siswa (3) Kelayakan tes berbasis literasi sains pada aspek konten, konteks, dan kompetensi ilmiah; (4) Efektifitas tes berbasis literasi sains yang dikembangkan dalam mengukur literasi sains siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk model Borg and Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi 5 tahap, yaitu (1) Melakukan penelitian pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Validasi (5) Revisi dan ujicoba. Subjek ujicoba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli literasi sains, 4 (empat) siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa uji perorangan, 17 siswa SMA Negeri 1 Tanjung Morawa uji kelompok kecil, 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan berupa hasil angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan tes berbasis literasi sains menunjukkan (1) Tingkat kelayakan tes menurut ahli materi dan ahli literasi sains “Baik Sekali” (90%) (2) Uji coba perorangan berada pada kriteria “Baik Sekali” (86%); Ujicoba kelompok kecil pada kriteria “Baik Sekali” (96%) (3) Tes berbasis literasi sains pada aspek konten, kompetensi ilmiah, dan konteks “Baik Sekali” (90,8 %). (4) Tes berbasis literasi sains siswa lebih efektif dengan rata-rata post test 87,8 dibandingkan dengan tes yang belum dikembangkan dengan rata-rata post test 81,9. Berdasarkan data tersebut produk tes berbasis literasi sains yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk siswa sebagai bahan evaluasi tambahan pada materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, rer.nat Binari196404041989031006
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2018 BIO 015
Keywords: Pengembangan Tes, Ekosistem, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 26 Jan 2018 09:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28845

Actions (login required)

View Item View Item