UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI105361 LUBUK CEMARA T.A 2017/2018

ALAMSYAH, M.CANDRA (2017) UPAYA MENIGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI105361 LUBUK CEMARA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123311048 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123311048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123311048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123311048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123311048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123311048 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123311048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123311048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123311048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123311048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123311048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD CANDRA ALAMSYAH, NIM 6123311048. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 105361 Lubuk Cemara T.A 2017/2018. (Pembimbing: Dr. BUDI VALIANTO, M.Pd, SKRIPSI : FIK UNIMED 2017) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint siswa di kelas V SD Negeri 105361 Lubuk Cemara T.A 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar lari sprint siswa pada pelajaran PJOK. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105361 Lubuk Cemara T.A 2017/2018 yang berjumlah 22 orang siswa. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes. Tes yang diberikan yaitu lari sprint melalui lembar Portofolio tehnik dasar lari sprint sebanyak dua kali pertemuan. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pretest sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 22 orang siswa 5 orang siswa (22,73%) telah mencapai standar ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 55,27 dan 17 orang siswa (77,27%) yang belum tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,67 dengan tingkat belajar siswa dari 21 orang siswa sebanyak 12 orang siswa (54,55%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 7 orang siswa (45,45%) belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,78 dengan tingkat belajar siswa sebanyak 20 orang siswa (90,90%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 2 orang siswa (9,10%) belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga secara klasikal kelas tersebut telah tuntas belajar karena telah memenuhi standar minimal 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa proses belajar mengajar telah berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas V SD Negeri 105361 Lubuk Cemara T.A 2017/2018. Guru disarankan dalam pembelajaran dapat menerapkan Pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorVALIANTO, BUDI196605201991021001
Call Number: SK-2018 PJKR 022
Keywords: HASIL BELAJAR, PENDEKATAN BERMAIN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item