PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Sitohang, Artauli Vivi M.S (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM_7133341080_ COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM. 7133341080_ LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM_7133341080_ KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM_7133341080_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM_7133341080_ DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM_7133341080_ DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM_7133341080_ DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM_7133341080_ DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM_7133341080_ BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM_7133341080_ BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM_7133341080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Artauli Vivi M.S Sitohang. NIM.7133341080 “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Negeri Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Universitas Negeri Medan 2018. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 13 Medan, jalan Seruwai, Sei Mati, Medan Labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruhnya 66 siswa. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dimana kelas X AK sebagai kelas eksperimen yang ditetapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X PM sebagai kelas kontrol ditetapkan model pembelajaran konvensioanl dengan demikian terdapat 32 orang kelas eksperimen dan 34 orang kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran Kewirausahaan Tentang Visi dan Misi Usaha dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning post test 78,75 dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajran konvensional post test 51,87. Dari perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis hasil belajar siswa melalui post test pada kelas eksperimen dan hasil belajar siswa melalui post test pada kelas kontrol dapat diketahui thitung = 11,186 dan ttabel 2,0012 dengan tarif signifikan 95% dan alpha 5 % .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Thamrin196407191993031003
Call Number: SK-2018 NIAGA 008
Keywords: Model Pembelajaran Discovery, Model Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item